Kamis, 03 September 2009

Mari Mengatur Biaya Bulanan

Hampir separuh karyawan, menurut survei dari careerbuilder.com, hidup hanya mengandalkan gaji atau pendapatan bulanannya. Ketika ditanya soal tabungan, mayoritas menjawab tidak punya. Bila ada yang punya, sebanyak 34 persen menjawab jumlah tabungannya tak sampai 100 dollar AS! Rasanya, keadaan ini juga banyak dialami oleh mayoritas karyawan di Indonesia. Bagaimana cara menyiasatinya? Atur gaji Anda. Pendapatan bulanan harus diatur sedemikian rupa agar Anda bisa hidup nyaman tanpa banyak beban, sekaligus memastikan bahwa masa depan Anda, pasangan, dan anak akan terlindungi.
Berikut beberapa hal yang patut diperhatikan, menurut para konsultan finansial, agar Anda memiliki keuangan yang sehat.
TabunganIdealnya, pendapatan yang harus ditabung (saving ratio) berkisar antara 10-50 persen. Perhitungan tepatnya, harus memerhatikan 3 aspek. Pertama, jumlah dana tabungan yang sudah dimiliki saat ini. Kedua, besarnya cicilan yang masih ada. Ketiga, tujuan keuangan yang ingin dicapai dalam 5-25 tahun ke depan.
UtangIdealnya, total seluruh utang kita tidak melebihi dari 30 persen penghasilan. Bila total utang Anda terlalu besar, bisa jadi penghasilan tak akan cukup untuk membiayai pengeluaran lain.
Biaya kecil-kecilPerhatikan pengeluaran yang sifatnya kecil-kecil, seperti membeli majalah atau koran, membeli snack di kantor, ke salon, beli CD, dan sebagainya. Meski jumlah satuannya kecil, tapi bila dikumpulkan jumlahnya besar juga, lho!
Biaya makan di luarSalah satu alasan mengapa kita sering tak bisa menyisihkan uang untuk ditabung adalah terlalu sering makan di luar. Sebenarnya, bila kita mau sarapan dan makan malam di rumah lebih sering, uang tak akan cepat habis begitu saja.
Dana daruratUsahakan agar Anda memiliki dana darurat. Jumlah idealnya, tiga kali jumlah pengeluaran bulanan Anda. Gunakan dana darurat ini khusus pengeluaran yang sifatnya tak terduga atau tidak rutin (biaya pengobatan, dan lainnya). Taruhlah dana ini dalam rekening agar Anda bisa dengan cepat mengambilnya saat dibutuhkan. Dengan cara ini, pengeluaran bulanan Anda tak akan terganggu oleh pengeluaran tak terduga.
Selamat mengatur pendapat bulanan Anda...!

1 komentar: